10 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Yang Ampuh Tanpa Efek Samping!

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Beberapa wanita di Indonesia ada yang memiliki tipe kulit berminyak dan ketika wanita yang bersangkutan tidak bisa merawat wajahnya dengan baik, bukan tidak mungkin wajahnya menjadi mudah berjerawat dan kusam.

Sebenarnya, untuk merawat kulit yang berminyak, ada banyak masker alami yang bisa digunakan, hanya saja sebelum menggunakan masker tersebut sebagai cara mengatasi wajah berminyak yang efektif, ada baiknya Anda memperhatikan penyebab wajah berminyak terlebih dahulu.

  • Faktor genetik

Salah satu faktor utama yang membuat wajah Anda bisa memiliki wajah berminyak adalah faktor genetis yang diturunkan oleh ayah maupun ibu.

Dengan faktor genetis yang dominan, wajah Anda akan selalu terlihat berminyak, terlebih ketika Anda tidak bisa merawatnya dengan baik.

  • Salah memilih produk kecantikan

Ketika Anda memilih kosmetik berupa bedak, mascara, blush on, foundation, atau perlengkapan make up lainnya, memilih produk yang tepat akan menjadi kunci kesehatan kulit Anda.

Namun demikian, yang seringkali terjadi, Anda sebagai pengkonsumsi kosmetik tidak menyadari bahwa kosmetik yang dibeli membahayakan kulit wajah karena mengandung bahan-bahan berbahaya.

Hal inilah yang membuat kulit berminyak umumnya mudah berjerawat dan berminyak.

  • Fluktuasi hormon

Fluktuasi hormon estrogen yang sering terjadi pada ibu hamil umumnya bisa menyebabkan kulit wajah terlihat berminyak dan mudah berjerawat.

Namun demikian, pada wanita normal, fluktuasi hormon yang menyebabkan produksi minyak oleh kelenjar minyak meningkat juga bisa terjadi saat stress psikis menimpa wanita yang bersangkutan.

  • Stess psikis

Ketika Anda mengalami stres psikis karena pekerjaan atau masalah keluarga, secara tidak langsung produksi hormon kortisol akan meningkat.

Pada saat itu, produksi minyak oleh kelenjar minyak juga terjadi.

Ketika hal ini tidak bisa diatasi dengan baik menggunakan masker atau perawatan alami lainnya, maka resiko yang terlihat pada wajah adalah munculnya jerawat dan wajah terlihat kusam.

  • Konsumsi makanan berlemak

Ketika Anda sering mengkonsumsi makanan yang berminyak dan mengandung kolesterol tinggi, seperti junk food atau gorengan, bukan tidak mungkin asupan oksigen dan aliran darah yang mengalir di area wajah sedikit tersumbat karena adanya endapan lemak di pembuluh darah.

Saat hal tersebut berlangsung terus menerus, produksi minyak wajah tidak bisa terkontrol dengan baik dan akibatnya kulit mudah berjerawat dan kusam.

  • Efek pergantian cuaca

Bagi wanita yang memiliki kulit berminyak, perubahan cuaca yang ekstrim akan memicu kelenjar minyak memproduksi minyak demi melembabkan wajah.

Ketika hal tersebut tidak ditangani dengan baik, salah satu efek yang terlihat adalah kulit terlihat kusam dan sangat berminyak, terlebih ketika polusi debu di sekitar juga meningkat.

  • Pola tidur yang salah

Ketika Anda memiliki kebiasaan tidur tengah malam atau begadang, salah satu efek yang akan Anda rasakan adalah kulit wajah yang terlihat tidak segar saat bangun pagi.

Hal ini karena aliran darah yang membawa nutrisi tidak lancar dan regenerasi sel kulit berlangsung lambat.

  • Kebiasaan yang salah

Ketika Anda memiliki kulit berminyak, seringkali Anda tidak menyadari bahwa kebiasaan yang selama ini Anda lakukan untuk menjaga kecantikan kulit ternyata salah.

Misalnya saja saat Anda jarang mencuci wajah, menekan jerawat dengan jari tangan yang berada dalam kondisi kotor, atau tidak menggunakan vitamin untuk menjaga kelembaban wajah.

Dengan pola kebiasaan perawatan yang salah, bukan tidak mungkin kulit wajah menjadi semakin berminyak, kusam, dan berjerawat.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Ketika Anda sudah memahami beragam penyebab permasalahan pada kulit berminyak, berikut adalah beragam cara mengatasi wajah berminyak yang bisa Anda terapkan kapanpun tanpa efek samping dan pastinya efektif untuk jangka panjang.

Membersihkan atau mencuci wajah secara teratur

cara mengatasi wajah berminyak

Jika Anda tidak ingin kulit wajah bermasalah dengan minyak berlebih atau jerawat, pastikan untuk membersihkan wajah secara teratur dan cukup sering.

Namun demikian, agar kulit Anda tidak mengalami masalah saat mencuci muka, pilihlah sabun yang mengandung aqua dan tidak mengandung detergen.

Membersihkan wajah secara teratur akan membantu kulit terbebas dari debu atau sisa kosmetik tebal yang dipakai saat acara tertentu.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mencuci wajah.

  1. Sebelum mengaplikasikan sabun ke kulit wajah, pastikan telapak tangan dan jari yang digunakan untuk mencuci wajah sudah bersih dari kotoran dengan mencucinya terlebih dahulu.
  2. Sebelum mengusapkan sabun, pastikan wajah dalam keadaan basah dan sabun dioleskan ke bagian pipi, dahi, serta dagu terlebih dahulu.
  3. Ratakan sabun yang ada di wajah dengan gerakan memutar searah jarum jam. Pijat dengan lembut untuk membersihkan kotoran yang menempel di pori kulit.
  4. Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk berserat halus. Dengan begitu, kulit wajah tidak akan terluka dan kulit wajah benar-benar terlihat bersih.

Merawat kelembaban kulit

Ketika Anda ingin kulit selalu terlihat cerah dan tidak berminyak, salah satu cara alami yang bisa dilakukan adalah dengan merawat kelembaban kulit wajah Anda.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, karena air putih termasuk cairan yang bisa membantu melembabkan wajah dari dalam.

Anda bisa mengkonsumsi 8 gelas air putih per hari dengan pH 7-8.

Namun demikian, selain konsumsi air putih, merawat kelembaban kulit juga bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti:

  1. Mengompres kulit wajah dengan air hangat setelah mandi untuk menjaga agar kulit tidak mengalami dehidrasi.
  2. Mengompres kulit wajah dengan air dingin setidaknya 10 menit setelah terpapar radiasi sinar matahari. Selain membantu mengembalikan kelembaban kulit, mengompres kulit wajah dengan air dingin akan membantu membuka pori dan membersihkannya dari kotoran yang menempel di wajah.
  3. Melakukan penguapan dengan air garam untuk menjaga elastisitas dan kelembaban kulit. Selain itu, penguapan dengan air garam yang baik dilakukan setidaknya 10 menit sebelum mandi setelah make up dibersihkan, akan membantu mencegah iritasi kulit karena bakteri udara penyebab jerawat.
  4. Beli produk vitamin wajah atau serum yang mengandung vitamin C dengan takaran pemakaian sesuai dosis umum. Pada wanita yang memiliki tipe kulit kombinasi atau berminyak, pemakaian serum dengan vitamin C akan membantu mengontrol produksi minyak berlebih karena polusi udara atau sebab lainnya.

Teliti dan jeli saat membeli kosmetik

Ketika Anda membutuhkan dukungan kosmetik seperti bedak, foundation, atau perlengkapan lainnya saat pergi bekerja atau acara resmi, pastikan Anda membeli kosmetik yang bebas minyak maupun tanpa kandungan bahan kimia berbahaya.

Untuk mendukungnya, Anda perlu melakukan beberapa hal seperti berikut.

  1. Memastikan komposisi produk kecantikan, baik saat melakukan pembelian secara offline maupun online. Pastikan kosmetik yang Anda beli mengandung air setidaknya 80% dan tidak mengandung zat berbahaya seperti merkuri atau hidroquinon.
  2. Ketika Anda membeli produk kosmetik, pastikan produk yang bersangkutan tidak termasuk produk comedogenic. Produk comedogenic adalah produk yang ketika dipakai memiliki kemungkinan besar menyumbat pori kulit. Hal tersebut akan meningkatkan resiko munculnya jerawat dan komedo pada kulit.
  3. Jika Anda membeli produk pelembab, akan lebih baik jika pelembab yang digunakan terbuat dari bahan mentimun, jeruk nipis, lemon, atau lidah buaya. Produk dengan bahan tersebut akan membuat kulit wajah terlihat segar dan minim sebum. Dengan begitu, kulit Anda akan selalu terlihat cerah dan cantik.

Hapus kosmetik sampai bersih sebelum tidur

Menjelang waktu tidur, pastikan Anda menghapus kosmetik yang kemungkinan masih menempel di wajah dengan menggunakan pelembab yang mengandung cairan anti acne atau susu.

Agar kulit tidak mengelupas, gunakan kapas dan cara membersihkan sisa kosmetik adalah dengan membersihkan area pipi yang memutar ke hidung, dagu, dan dahi.

Ketika kulit wajah Anda bersih dari sisa make up, resiko infeksi bakteri yang mungkin ada di sarung bantal atau udara bisa dimininalisir.

Atur jam tidur

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Ketika Anda ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan bebas dari minyak, aturlah jam tidur yang Anda miliki.

Pada umumnya, setiap orang harus memiliki waktu istirahat 6-8 jam sehari untuk membantu kelancaran metabolisme yang ada dalam tubuhnya.

Oleh sebab itu, untuk membantu agar jam tidur Anda selalu teratur, coba lakukan beberapa hal berikut.

  1. Jangan membiasakan makan terlalu malam atau makan cemilan hanya beberapa menit sebelum jam tidur. Hal tersebut akan membuat waktu istirahat Anda mundur karena saluran pencernaan Anda masih sibuk mencerna makanan yang baru saja dimasukkan dalam mulut.
  2. Lakukan relaksasi pada tubuh Anda untuk meregangkan otot-otot yang kaku atau lelah setelah seharian bekerja. Untuk bisa melakukannya, Anda bisa mencoba mengatur pernafasan Anda selama 10 menit atau melakukan meditasi 30 menit sebelum tidur.
  3. Jangan melakukan aktivitas pekerjaan yang berat mendekati jam tidur, seperti mengerjakan pekerjaan kantor atau hal lainnya. Hal tersebut akan membuat jam istirahat Anda kacau dan waktu istirahat menjadi berkurang. Akibatnya, Anda akan terbangun dalam kondisi yang masih mengantuk dan tidak segar.
  4. Tata ruang istirahat Anda untuk membantu Anda cepat merasa mengantuk, misalnya dengan memiliki lampu tidur di dekat tempat tidur dan mengecat ruangan dengan warna tenang, seperti cokelat, abu-abu, biru, dan lainnya.

Menerapkan kebiasaan dan pola hidup sehat

Ketika Anda ingin terbebas dari minyak berlebih dan jerawat, pastikan Anda menerapkan kebiasaan maupun pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk bisa melakukannya, Anda bisa memulai beberapa kebiasaan sederhana, seperti:

  1. Mengelap wajah dari keringat dengan menggunakan handuk atau sapu tangan bersih yang terbuat dari bahan lembut. Dengan begitu, kulit tidak akan mudah terkontaminasi bakteri.
  2. Jangan mengusap wajah menggunakan tisu basah yang mengandung parfum atau tisu biasa yang seringkali seratnya tidak cocok untuk kulit wajah.
  3. Tidak mengkonsumsi makanan cepat saji atau makanan instan yang banyak mengandung zat aditif, karena hal tersebut akan memicu sumbatan lemak atau kotoran di pori kulit.
  4. Tidak mengkonsumsi rokok dan alkohol, karena hal tersebut akan mempercepat penyumbatan pori kulit oleh senyawa yang berbahaya.
  5. Olahraga teratur setidaknya 30 menit untuk membantu kelancaran aliran darah dan mempercepat masuknya nutrisi ke kulit wajah untuk regenerasi sel kulit. Anda bisa melakukan beragam jenis olahraga ringan hingga berat dengan terlebih dahulu menyesuaikan dengan kondisi fisik.
  6. Melakukan senam wajah setidaknya 1 jam sekali untuk melakukan peregangan otot wajah. Dengan begitu, sirkulasi darah di wajah lancar dan kulit tidak mudah berminyak.

Jangan menyentuh wajah sembarangan

Cara mengatasi wajah berminyak berikutnya adalah dengan tidak sembarangan menyentuh wajah dimanapun dan kapanpun, terlebih ketika tangan kita baru saja menyentuh barang yang tidak higienis.

Menyentuh kulit wajah sembarangan akan mempercepat masuknya bakteri penyebab jerawat ke kulit wajah dan mengakibatkan peningkatan produksi minyak maupun kulit kusam.

Cara yang paling aman adalah membersihkan telapak dan seluruh jari tangan terlebih dahulu dengan sabun sebelum menyentuh kulit atau membersihkan kulit menggunakan kapas (tanpa bersentuhan langsung).

Konsumsi makanan bebas minyak

Ketika Anda ingin hidup lebih sehat dengan wajah yang cerah terawat, pastikan Anda mengkonsumsi beragam jenis makanan yang diolah tanpa minyak.

Jika Anda menggunakan minyak, pastikan minyak yang digunakan memiliki kadar kolesterol yang rendah.

Konsumsi makanan yang bebas minyak akan mengurangi penyumbatan pori maupun pembuluh darah oleh endapan lemak.

Dengan begitu, sel melanosit bisa beregenerasi dengan baik.

Pada saat pengolahan makanan, pastikan juga tentang hal-hal berikut.

  1. Memastikan bahan makanan yang diolah memiliki asupan gizi seimbang mulai dari karbohidrat, protein, hingga vitamin, dan mineral.
  2. Memastikan bahwa sebelum diolah, bahan makanan yang akan dikonsumsi bebas dari pestisida atau bahan berbahaya lainnya dengan mencuci bersih bahan makanan menggunakan air mengalir.
  3. Mengurangi penggunaan bahan aditif, seperti pewarna atau penyedap rasa demi mengurangi efek negatif zat aditif pada regenerasi sel melanosit kulit.
  4. Mengolah makanan dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis agar kandungan gizi untuk diserap tubuh tetap terjaga dengan baik.

Menghindari stress psikis

cara mengatasi wajah berminyak

Ketika Anda mengalami stress psikis, ketidakstabilan hormon yang dialami akan menyebabkan produksi minyak meningkat dan sebagai efek sampingnya kulit terlihat kusam dan berjerawat.

Untuk itu, akan lebih baik Anda menghindari stres dengan melakukan beragam hal berikut.

  1. Melakukan beragam kegiatan yang menjadi hobi seperti berkebun, membaca novel, menonton drama, atau hal-hal lainnya.
  2. Membicarakan masalah yang dialami dengan saudara atau teman dekat untuk mendapatkan pemecahan masalah daripada memendamnya sendirian.
  3. Melakukan hubungan intim dengan pasangan yang sah untuk memperlancar sirkulasi darah dan meningkatkan produksi hormon yang berhubungan dengan ketenangan psikis.
  4. Berkomunikasi dengan ahli kejiwaan untuk mendapat bantuan dalam mengontrol emosi atau memperbaiki cara komunikasi dengan orang-orang yang ada disekitar Anda.

Menggunakan beragam masker alami

Menjaga kelembaban dan keindahan kulit dengan menggunakan berbagai masker alami yang bisa dibuat sendiri di waktu senggang. Menggunakan masker secara teratur bisa menjadi sarana pendukung beragam cara mengatasi wajah berminyak yang sudah dilakukan.

  1. Daun seledri

Bahan pertama yang bisa digunakan sebagai masker untuk mengurangi minyak di wajah adalah masker seledri.

Anda bisa memasukkan 100gr seledri yang sudah dicacah atau dipotong halus kedalam 300ml air.

Didihkan dan setelah dingin gunakan air rebusan daun seledri ini untuk mengompres seluruh wajah.

Diamkan airnya meresap sekitar 15 menit baru kemudian dibilas dengan air bersih.

Agar hasilnya optimal, Anda bisa mengulang metode ini setidaknya 2 hari sekali dan 10 menit setelah pengompresan dengan air daun seledri, cuci wajah menggunakan sabun wajah yang tinggi kandungan airnya.

  1. Jeruk nipis

cara mengatasi wajah berminyak

  • Jeruk nipis mengandung antioksidan, vitamin C, anti bakteri, dan senyawa lain yang membantu meminimalisir munculnya jerawat maupun peningkatan produksi minyak pada kulit wajah.
  • Untuk memaksimalkan khasiatnya, pakailah masker jeruk nipis dengan metode sebagai berikut.
  • Potong satu buah jeruk nipis yang masih utuh menjadi dua bagian dan peras bagian dalamnya.
  • Tampung air jeruk nipis kedalam mangkuk yang kemudian dioleskan ke seluruh wajah secara merata menggunakan kapas.
  • Diamkan hingga air jeruk nipis meresap selama 30 menit dan kemudian bilas menggunakan air hangat. Jika terasa perih, diamkan saja, karena hal tersebut merupakan reaksi awal yang umum terjadi sebagai proses jeruk nipis mengikis kotoran dari kulit wajah.
  • Ulang pemakaian masker jeruk nipis ini, setiap sore sebelum atau setelah mandi.
  • Namun demikian, jika Anda merasa tidak kuat dengan rasa perihnya, Anda bisa mencampur air perasan jeruk nipis dengan 2 tetes madu murni sebagai masker yang juga didiamkan selama 30 menit sebelum dibilas.
  1. Apel dan madu

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

  • Apel mengandung senyawa antitoksin, anti-aging, antioksidan, peluruh lemak, vitamin dan mineral yang bermanfaat menutrisi kulit. Ketika dibuat sebagai masker dan ditambah madu kedalamnya, hasilnya semakin optimal karena madu berperan sebagai pelembab sekaligus meminimalisir reaksi alergi, seperti gatal atau panas.
  • Anda bisa menyiapkan apel dari beragam jenis apel yang ada di Indonesia sebagai bahan masker. Sebelum digunakan, cuci bersih dan langsung diblender tanpa perlu dikupas.
  • Aduk rata dengan 1 sendok teh madu murni, sebelum kemudian didinginkan selama 5 menit didalam kulkas.
  • Oleskan masker apel dan madu secara merata ke seluruh permukaan kulit, jangan lupa berikan pijatan lembut di area pipi, bawah kelopak mata, dahi, dan dagu dengan gerakan memutar searah jarum jam.
  • Diamkan masker selama 20 menit dan bilas dengan menggunakan air mengalir.
  • Agar hasilnya optimal, gunakan masker ini 2 kali seminggu, sore hari setelah mandi, dimana sisa make up pasti sudah bersih sempurna.
  1. Tomat

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Tomat mengandung likopen dan beragam senyawa aktif yang berguna melembabkan sekaligus menjaga kesegaran kulit.

Tomat bisa digunakan untuk merawat wajah berminyak dengan cara dikonsumsi langsung berupa jus maupun sebagai masker.

Jika Anda memilih menggunakannya sebagai masker, Anda bisa menghaluskan terlebih dahulu 100gr tomat cherry atau tomat biasa dengan menggunakan blender.

Campur dengan satu sendok makan madu untuk mengentalkan masker dan aplikasikan ke seluruh permukaan wajah dalam bentuk masker.

Pijat lembut wajah Anda selama 5 menit dan diamkan selama 20 menit hingga masker tomat meresap.

Terakhir, bilas wajah Anda dengan air hangat sampai bersih.

Masker tomat ini akan memberikan hasil yang maksimal jika Anda mengaplikasikan masker 2 kali seminggu setiap pagi atau sore hari.

  1. Mentimun

cara mengatasi wajah berminyak

Ketika Anda ingin memiliki kulit yang terlihat cerah dan bebas minyak, salah satu masker yang bisa digunakan adalah mentimun.

Untuk merasakan khasiatnya, haluskan setengah bagian timun segar yang sudah dicuci bersih dan tidak dikupas dengan mortar atau blender.

Campur dengan putih telur hingga terlihat mengental, kemudian oleskan secara merata ke permukaan kulit wajah. Diamkan masker selama 25-30 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Masker mentimun ini bisa digunakan 2-3 kali seminggu dan jika ingin hasilnya optimal, pastikan kondisi wajah Anda sudah dibersihkan dengan sabun muka sebelum aplikasi masker.

  1. Putih telur

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Putih telur mengandung senyawa antibakteri dan mengontrol minyak berlebih.

Selain mengurangi kadar minyak, masker putih telur juga bermanfaat mengencangkan kulit wajah, sehingga setelah pemakaian, kulit Anda akan selalu terlihat awet muda.

Anda bisa memisahkan terlebih dahulu bagian putih telur dan kuning telur dari sebutir telur ayam.

Oleskan merata ke seluruh permukaan kulit dan diamkan selama 15 menit hingga kulit terasa kencang atau tertarik.

Bilas dengan air hangat hingga bersih dan cara ini bisa dilakukan sehari sekali untuk menjaga kulit tetap bersih dan sehat.

  1. Yogurt

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Yogurt termasuk produk susu yang membantu mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati, sekaligus mengontrol produksi minyak berlebih. Anda bisa menggunakan plain yogurt sebagai masker dengan cara sebagai berikut.

  • Gunakan 1 cup plain yogurt yang sudah didinginkan terlebih dahulu didalam kulkas.
  • Campurkan sekitar 1-2 sendok teh madu kedalamnya, aduk rata.
  • Oleskan secara merata ke seluruh permukaan wajah menggunakan kapas atau sapu masker. Jangan lupa lakukan pijatan lembut sekitar 2 menit di area dahi, pipi, hidung, bawah kelopak mata, dan dagu.
  • Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat hingga bersih dan untuk hasil yang optimal, metode ini bisa dilakukan setidaknya 2 kali seminggu dengan memastikan tidak ada sisa make up yang menempel di wajah.
  1. Kentang

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Cara mengatasi wajah berminyak dengan masker yang bisa dicoba berikutnya adalah dengan menggunakan kentang.

Anda bisa membelah kentang ukuran sedang menjadi dua bagian dan menghaluskan setengah bagian menggunakan blender.

Ratakan kentang yang sudah dihaluskan ke seluruh permukaan wajah agar air yang ada didalam kentang terserap pori kulit.

Namun jika cara ini terasa merepotkan, Anda bisa langsung mengoleskan ½ bagian kentang yang dipotong tadi ke permukaan kulit dalam waktu 15 menit.

Diamkan hingga kulit terasa kering sebelum dibilas dengan air dingin.

Meski metode ini akan memberikan hasil yang cukup lama, namun metode ini relatif jauh lebih aman daripada menggunakan masker yang bercampur bahan kimia.

  1. Bawang putih

Ketika Anda ingin memiliki kulit yang bebas jerawat, kulit kusam, dan tampil cantik.

Salah satu media masker yang bisa digunakan adalah bawang putih.

Untuk bahan bawang putih, Anda bisa langsung mengupas 1 siung bawang putih dan membilasnya dengan air bersih sebelum digunakan.

Potong melintang bawang putih dan oleskan ke seluruh bagian wajah secara merata.

Efek pertama yang akan Anda rasakan kemungkinan besar adalah rasa panas dan perih yang menandakan senyawa antibakteri dalam bawang putih bekerja.

Setelah dioleskan, diamkan cairan bawang putih meresap ke pori kulit sekitar 10-15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Penggunaan bawang putih ini bisa dilakukan sekali sehari setiap pagi atau sore dalam kondisi wajah yang bebas make up.

  1. Alpukat

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Ketika Anda ingin selalu tampil cantik dengan kulit wajah yang cerah dan bebas jerawat, jenis masker pengontrol minyak yang bisa digunakan adalah masker alpukat.

Hal ini karena alpukat mengandung beragam senyawa alami seperti antioksidan, vitamin C, vitamin E, antibakteri, dan kolagen.

Untuk bisa merasakan khasiatnya, Anda bisa menghaluskan 1 buah alpukat memakai blender dan mencampurnya dengan satu sendok teh madu agar terlihat lebih kental.

Aplikasikan secara merata ke kulit wajah dan diamkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Ulangi pemakaian masker alpukat ini sebagai cara mengatasi wajah berminyak setidaknya 2 kali seminggu, agar hasil yang diperoleh maksimal.

Tinggalkan komentar