Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Yang Harus Kamu Coba!

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Memutihkan wajah bisa dilakukan dengan 2 cara, cara pertama adalah Cara memutihkan wajah secara alami dan cara kedua dapat dilakukan dengan bahan-bahan kimia.

Sesungguhnya jika dilihat kedua cara ini hampir mirip. Hanya saja ketika anda menggunakan obat untuk pemutih kandungan yang akan dibutuhkan sama tapi dibuat dengan bahan kimia. Lalu bahaya atau tidak?

Untuk bahaya atau tidaknya mungkin berbahaya mungkin juga tidak. Jika anda menggunakan obat pemutih yang tidak jelas asal-usulnya maka hal ini pasti berbahaya.

Tapi jika anda menggunakan produk pemutih yang aman dan terdaftar hal ini pasti bukan masalah.

Meski aman, tapi penggunaan produk pemutih kimia sedikit banyak tentunya akan mempengaruhi kesehatan.

Paling tidak akan mempengaruhi ginjal terutama jika obat yang digunakan dengan cara dikonsumsi. Hal ini sudah pasti akan memperberat kinerja ginjal bukan?

Oleh karena itu, bagi anda yang ingin memutihkan kulit, cara alami mungkin akan lebih cocok untuk dilakukan karena keamanannya. Lalu bagaimana cara memutihkan kulit dengan cara yang alami?

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

cara memutihkan wajah secara alami

Berikut ini kami bahas mengenai penyebab, pencegahan, cara mengatasi dan tips pembuatan produk alami untuk pemutih kulit wajah anda.

Penyebab kulit wajah yang menghitam

Sebelum kita lanjut pada bahasan utama kita yaitu mengenai cara memutihkan kulit secara alami, sebelumnya mari kita kenali lebih dahulu hal-hal yang bisa menyebabkan kulit kita menghitam.

Ada banyak hal yang sesungguhnya menyebabkan kulit wajah menjadi hitam. Diantaranya adalah :

  • Paparan sinar matahari

cara memutihkan wajah secara alami

Hal ini merupakan hal yang paling sering terjadi pada kulit. Mengapa?

Sinar matahari merupakan hal yang paling umum kita temukan di Indonesia.

Hal ini disebabkan karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan iklim tropis yang menyebabkan matahari bersinar sepanjang tahun.

Hal ini bukan merupakan hal yang mudah untuk para wanita karena dapat menyebabkan kulitnya terbakar sehingga terlihat kurang menarik.

Akibat paparan sinar matahari ini akan terlihat makin mengganggu ketika menyebabkan belang terutama bagi mereka yang menggunakan jilbab bukan?

Oleh karena itu perlu dilakukan perawatan untuk membuat kulit wajah bebas dari belang dan gosong karena paparan sinar matahari.

  • Karena faktor usia

cara memutihkan wajah secara alami

Meski mungkin kurang banyak mendapatkan perhatian, ternyata sedikit banyak faktor usia juga menjadi salah satu penyebabk kulit menjadi lebih gelap.

Sebetulnya kulit yang lebih gelap disebabkan karena faktor usia ini terjadi karena produksi kolagen yang dilakukan oleh kulit yang sudah tua biasanya lebih sedikit dari mereka yang berada di usia 10 hingga 20 tahunan.

Sebetulnya kulit gelap yang dimiliki oleh orang yang sudah berusia banyak bukan hitam seperti terbakar matahari tapi lebih ke kusam dan tidak bercahaya.

Hal ini merupakan hal yang banyak dialami oleh orang-orang yang sudah berusia lanjut.

Hal ini sering kali terjadi apalagi bagi mereka yang tidak pernah melakukan step dan Cara memutihkan wajah secara alami sebagai perawatan kulit.

  • Faktor lingkungan hidup

cara memutihkan wajah secara alami

Selain faktor usia dan juga faktor paparan sinar matahari, lingkungan hidup juga merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap kulit yang gelap.

Seperti dengan faktor usia, faktor lingkungan hidup juga cukup besar pengaruhnya untuk membuat kulit menjadi lebih gelap.

Sama seperti kulit gelap yang terjadi karena perubahan usia, kulit gelap yang disebabkan karena lingkungan hidup yang tidak sehat ini juga merupakan kulit yang gelap karena kusam yang disebabkan karena banyaknya kotoran dan juga pengaruh polusi yang ada di sekitar.

  • Genetik

cara memutihkan wajah secara alami

Selain hal-hal yang disebutkan sebelumnya, masalah genetik juga merupakan salah satu hal yang menyebabkan kult menjadi gelap. Masalah ini merupakan masalah yang banyak ditemukan di Indonesia.

Mengapa? Hal ini disebabkan karena genetik dasar Indonesia memiliki warna kulit yang gelap.

Oleh karena itu sudah pasti ada banyak orang Indonesia yang memiliki warna kulit yang gelap.

  • Gaya hidup yang tidak sehat

 

Sama seperti karena lingkungan dan juga karena faktor usia, kulit gelap karena terlihat kusam juga bisa terjadi karena faktor gaya hidup yang tidak sehat. Mengapa?

Gaya hidup tidak sehat melingkupi makanan yang tidak sehat dan juga olahraga yang dilakukan sangat jarang.

Makanan yang kurang sehat membuat anda kekurangan hal-hal yang penting untuk tubuh seperti vitamin dan juga mineral yang penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Olahraga juga merupakan hal yang penting yang perlu anda lakukan untuk membuat kulit anda menjadi lebih sehat dan lebih cantik.

Hal ini menyebabkan olahraga dan makan makanan yang bergizi dan sehat dapat menjadi salah satu Cara memutihkan wajah secara alami.

  • Kondisi kesehatan tertentu

Satu lagi hal yang menyebabkan kulit menjadi lebih gelap.

Hal ini adalah karena masalah kesehatan. Seseorang yang sedang sakit dan meminum obat tertentu dapat mengalami masalah kulit yang lebih gelap.

Kulit yang lebih gelap karena konsumsi obat tersebut disebabkan karena masalah hormon yang berubah karena efek obat-obatan tersebut.

Selain konsumsi obat, mereka yang sedang hamil biasanya juga memiliki kulit yang lebih kusam dan juga kurang bercahaya.

Bahkan pada bagian-bagian tubuh tertentu juga dapat memiliki warna yang lebih gelap.

Hal ini juga disebabkan karena masalah hormon yang tidak stabil.

Step Memutihkan Kulit Wajah

Warna kulit baik itu yang hitam karena genetik atau karena kondisi kesehatan dan faktor lainnya yang disebutkan sebelumnya bisa saja diubah menjadi lebih terang dengan beberapa step.

Step-step tersebut juga harus disesuaikan dengan penyebab dari masalah kulit yang dialami. Ya setelah mengetahui hal-hal yang menyebabkan kulit menjadi lebih gelap, kini kita akan mambahas step memutihkan kulit yang bisa dilakukan.

  • Upaya pencegahan pembentukan melanin

Setiap orang memiliki warna kulit yang berbeda-beda.

Hal ini disebabkan karena adanya pigmen yang tersimpan dalam kulit. Pigmen inilah yang bertanggung jawab dengan warna kulit yang gelap.

Pasalnya pigmen ini merupakan sebuah komponen dalam sel kulit yang akan bereaksi terhadap cahaya matahari. Jadi ketika kulit terpapar matahari pigmen ini akan muncul ke permukaan kulit dan menyebabkan warna seprti terbakar. Sayangnya hal ini merupakan hal yang penting untuk perlindungan kulit.

Ya, pigmen sesungguhnya merupakan perlindungan yang diberikan oleh kulit terhadap tubuh untuk mencegah terjadinya paparan langsung sinar matahari.

Jika anda tidak memiliki pigmen maka hal ini akan menyusahkan untuk anda.

Masalah-masalah kesehatan yang berat mungkin akan anda hadapi.

Karena jika tidak ada pigmen, kanker kulit bisa mengancam anda kapanpun dan dimanapun.

Jadi sesungguhnya mereka yang memiliki kulit yang gelap akan lebih diuntungkan karena potensi kanker yang dimilikinya akan lebih minim.

Meski pigmen adalah salah satu yang penting untuk tubuh, tapi memiliki pigmen berlebih akan menyebabkan kulit menjadi kurang nyaman dipandang.

Oleh karena itu kita bisa mengakalnya dengan menggunakan perlindungan yang akan melindungi kulit kita dari sinar matahari sehingga pigmen tidak akan muncul meski setelah dipapar oleh matahari.

Caranya adalah dengan menggunakan tabir surya.

Meski dalam artikel ini yang dibahas adalah Cara memutihkan wajah secara alami, akan tetapi penggunaan bahan-bahan kimia tetap akan disarankan sebagai upaya tambahan untuk pencegahan yang penting untuk dilakukan.

Penggunaan tabir surya adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan karena akan mambantu mengatasi paparan sinar matahari yang berbahaya bagi kulit tersebut.

Jika anda menggunakan tabir surya, maka ketika tubuh atau kulit anda terpapar sinar matahari maka tidak akan menghitam karena yang terkena kontak langsung dengan matahari adalah lapiran tabir surya yang anda gunakan.

Hal ini akan mencegah munculnya melanin sehingga kulit anda tidak akan menghitam dan tetap aman terhadap paparan sinar matahari.

Selain dengan cara menggunakan bahan kimia yaitu penggunaan tabir surya, satu upaya pencegahan lain yang perlu dilakukan agar kulit terbebas dari warna yang makin gelap adalah dengan menghindari kontak dengan matahari secara langsung.

Jika bisa hindari kontak dengan matahari secara langsung pada jam 10 pagi hingga jam 4 sore.

Jam 10 pagi sebetulnya matahari sudah cukup panas.

Akan tetapi sebelum jam tersebut anda masih bisa mendapatkan manfat dari sinar matahari yaitu vitamin D untuk kesehatan tulang anda.

Jika anda terpaksa melakukan aktivitas di luar ruangan pada jam tersebut maka gunakanlah penutup secara lansgung seperti menggunakan jaket, topi, payung dan jangan lupa untuk menggunakan tabir surya.

Hal ini adalah hal yang wajib untuk dilakukan.

  • Upaya memutihkan wajah dengan bahan-bahan yang alami

Penggunaan tabir surya semata-mata dilakukan untuk mengurangi reaksi dari pigmen ketika adanya paparan sinar matahari.

Tugasnya hanya mengurangi penampilan kulit yang makin menghitam karena paparan matahari tersebut.

Lalu bagaimana dengan pigmen yang sudah terlajur beraksi di kulit dan menyebabkan warna kulit menjadi menghitam?

Untuk masalah ini sudah jelas kita membutuhkan upaya untuk memutihkan kulit agar pigmen dapat menghilang dari permukaan kulit terluar kita.

Untuk menghilangkan pigmen yang ada di kulit maka anda bisa menggunakan banyak cara dan bahan.

Baik itu bahan alami ataupun bahan kimia.

Plus minus memutihkan kulit wajah dengan cara yang alami

Ya memang untuk memutihkan kulit bisa dilakukan dengan cara yang alami dan ada juga yang dilakukan dengan bahan kimia.

Masing-masing ada nilai plus dan minusnya.

Untuk Cara memutihkan wajah secara alami juga ada nilai plus dan nilai minusnya jika di bandingkan dengan memutihkan kulit yang dilakukan dengan cara kimia.

Lalu apa nilai plus dan minus tersebut?

Tentunya ada sangat banyak nilai plus yang bsa anda dapatkan ktika menggunakan bahan-bahan alami untuk memutihkan kulit.

Apa saja?

  • Bahan mudah ditemukan
  • Lebih aman dalam segi kesehatan
  • Lebih sedikit menimbulkan reaksi alergi
  • Jelas lebih murah biayanya
  • Bebas pengawet
  • Bebas bahan-bahan tambahan seperti parfum yang digunakan untuk kosmetik sehingga lebih aman dan nyaman untuk digunakan
  • Efek yang ditimbulkan lebih lengkap daripada menggunakan bahan kimia

Ya, jika dibandingkan dengan melakukan memutihkan kulit dengan menggunakan bahan-bahan kimia, hal-hal diatas merupakan nilai plus yang akan anda dapatkan jika mengunakan bahan-bahan alami untuk memutihkan kulit anda.

Akan tetapi selain memiliki nilai plus, memutihkan kulit dengan cara alami juga ada nilai minusnya.

Berikut adalah nilai minus dari penggunaan bahan alami untuk memutihkan kulit.

  • Ribet karena karus mempersiapkan bahan sendiri
  • Reaksi yang ditimbulkan lebih lama

Jika dibandingkan dengan kekurangannya tentu ada lebih banyak poin lebih yang akan anda dapatkan ketika memutihkan kulit dengan cara yang alami.

Tapi hal ini kembali ke diri anda sendiri, apakah anda lebih senang cara memutihkan wajah secara alami atau dengan cara kimia.

Cara memutihkan kulit wajah secara alami

Seperti yang telah disbutkan sebelumnya, ketika kita ingin memutihkan kulit ada step yang harus dilakukan, yaitu step pencegahan dan juga step penyembuhan.

Untuk step pencegahan sudah dijelaskan dengan cukup detail diatas. Sedangkan untuk step penyembuhan akan kita bahas pada subab ini.

Untuk memutihkan kulit secara alami juga bisa dilakukan dengan beberapa cara. Tapi cara-cara tersebut dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang alami. Apa saja cara-cara yang bisa dilakukan untuk memutihkan kulit secara alami?

  • Memutihkan kulit wajah secara alami dengan cara oral

Salah satu cara untuk memutihkan kulit anda secara alami adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk dikonsumsi.

Seperti obat pemutih yang di jual dipasaran, ada beberapa obat untuk memutihkan wajah yang juga dikonsumsi langsung untuk memutihkan kulit.

Bahan-bahan tersebut antara lain adalah bahan-bahan yang memiliki kandungan vitamin c seperti buah jeruk, lemon dan masih banyak yang lainnya

  • Memutihkan kulit wajah dengan menggunakan masker

Selain dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan yang baik untuk memutihkan kulit, anda juga bisa memutihkan kulit dengan bahan-bahan alami dengan cara menggunakannya sebagai masker.

Menggunakan bahan-bahan alam sebagai masker adalah salah satu cara paling baik dan paling banyak mendapatkan perhatian untuk mereka yang ingin memutihkan kulitnya secara alami.

Ada banyak jenis bahan yang bisa anda gunakan sebagai masker untuk memutihkan kulit wajah anda. Apa saja?

Hal ini akan dibahas pada uraian selanjutnya.

Masker yang digunakan untuk wajah memiliki fungsi ganda yaitu dapat digunakan untuk menutrisi wajah dan juga bisa digunakan untuk membantu mengelupas sel kulit mati yang ada  di permukaan paling luar kulit.

Hal ini merupakan hal yang menguntungkan karena dengan mengangkat kulit yang paling luar yang sudah mati maka anda akan mendapatkan kulit baru yang tentu saja lebih sehat dan lebih putih.

Kandungan yang penting untuk memutihkan kulit wajah secara alami

Sebelum kita beranjak pada bahan-bahan yang bisa digunakan untuk memutihkan kulit secara alami, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai komposisi yang perlu dicari dari sebuah bahan yang bisa kita gunakan sebagai Cara memutihkan wajah secara alami.

Berikut ini adalah ulasannya.

  • Vitamin c

Vitamin c adalah salah satu komponen yang sangat populer untuk digunakan sebagai pemutih. Kandungan ini merupakan kandungan yang sangat populer dalam dunia kecantikan.

Bahkan mereka yang ingin memiliki kulit secara instan juga bisa menggunakan cara yang lebih cepat yaitu dengan menggunakan suntik vitamin C.

Suntik vitamin C akan membantu mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh yang kurang dan juga membantu kulit menjadi lebih putih dan cerah tapi dengan cara yang lebih cepat karena pendistribusian dan konsentrasinya lebih tepat guna.

  • Arbutin

Selain vitamin C, bahan selanjutnya yang bisa ditemukan dalam bahan-bahan alami dan membantu untuk memtuihkan kulit adalah arbutin.

Arbutin merupakan bahan pemutih yang sangat banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan kosmetik sebagai unsur utama pemutih yang dimilikinya.

Karena banyak digunakan oleh perusahaan dan pabrik kosmetik, maka sudah jelas arbutin merupakan bahan yang aman untuk digunakan.

Anda memang bisa menemukan arbutin dalam kosmetik yang akan anda gunakan akan tetapi selain didalam kosmetik anda juga bisa menemukan arbutin di bahan-bahan yang ada di alam.

Bahan-bahan tersebut akan dibahas pada bab setelah bab ini.

  • Likopen

Satu lagi bahan yang bisa ditemukan di alam yang bisa digunakan sebagai Cara memutihkan wajah secara alami.

 Bahan ini adalah likopen.

Likopen adalah sebuah bahan aman digunakan sebagai pemutih.

Sama seperti arbutin, bahan ini juga merupakan bahan yang banyak digunakan untuk produksi obat tau krim kecantikan di perusahaan-perushaaan besar.

Sayangnya likopen yang dimiliki oleh obat-obt tersebut bisa saja diambil dari bahan yang tidak alami. Bahan ini merupakan senyawa yang dapat bersifat sebagai antioksidan yang sangat kuat.

Selain kuat ia juga alami sehingga sangat aman untuk digunakan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, polusi adalah salah satu hal yang menyebabkan kulit menjadi terlihat lebih gelap.

Hal ini disebabkan karena radikal bebas dan juga kotoran yang hinggap di kulit dan menyebabkan kulit menjadi kusam.

Dengan adanya antioksidan ini anda akan mendapatkan manfaat yang besar dalam melawan radikal bebas dan juga polusi yang ada di sekitar anda.

Hal ini menyebabkan likopen dapat menjadi salah satu bahan yang aman, alami dan efektif untuk upaya memutihkan kulit yang anda sedang lakukan.

Selain digunakan untuk menangkap radikal bebas, ternyata likopen juga memiliki manfaat lainnya.

Manfaat lain dari likopen tersebut adalah untuk membantu melindungti tubuh dari sinar radiasi UV yang didapatkan dari matahari.

Sangat menguntungkan bukan?

  • Glutamin

Selain 3 bahan diatas, ada lagi bahan alami yang sangat popeuler sebagai bahan untuk memutihkan kulit, ia adalah glutamin.

Glutamin adalah bahan yang teramsuk dalam asam amino yang bisa dengan mudah ditemukan di dalam tubuh.

Ia memiliki manfaat yang sangat besar untuk tubuh baik dalam bidang kesehatan maupun kecantikan.

Untuk bidang kecantikan sendiri manfaat dari glutamin sangat besar yaitu sebagai penangkal radikal bebas atau berperan sebagai antioksidan dan juga dapat membantu untuk menginkatkan tone kulit jika digunakan dengan cara yang benar.

Bagi anda yang ingin mendapatkan kulit yang putih dan bersinar, anda bisa menggunakan bahan ini dan mendapatkannya dari bahan-bahan alami yang ada di sekitar anda.

  • Asam laktat

Satu lagi bahan yang dapat diugnkana untuk memutihkan kulit terutama kulit wajah adalah bahan asam laktat.

Bahan ini merupakan bahan yang tidak hanya bisa ditemukan di bahan-bahan alam tapi juga di kosmetik dan banyak produk perawatan wajah.

Bedanya di dalam skin care atau poduk perawatan kulit asam laktat sering kali disebut sebagai AHA atu Alpha Hydroxy Acid. Jenis asam ini memiliki manfat yang kuat dalam memutihkan wajah.

Hal ini disebabkan karena keberadaan asam ini bertugas untuk melakukan pengelupasan terhadap sel kulit mati yang ada di permukaan kulit.

Selain merupakan Cara memutihkan wajah secara alami, keberadaan asam laktat dalam produk perawtan kulit juga bermanfaat untuk masala penuaan.

Seperti mengurangi garis penuaan, kerutan dan juga masalah penuaan dini karea efek radiasi matahari.

Ya, seperti disebutkan sebelumnya, kulit yang menghitam atau menjadi lebih gelap juga bisa disebabkan karena efek penuaan bukan?

Hal ini menyebabkan asam laktat bisa menjadi salah satu bahan yang sangat baik untuk mengtasinya.

Ya, memang asam laktat atau AHA ini memang cukup populer dalam produk perawatan untuk penuaan.

  • Pitera

Satu lagi bahan yang sangat populer sebagai bahan untuk memutihkan kulit.

Bahan ini adalah pitera. Pitera adalah salah satu bahan yang menjadi dasar pembuatan kosmetik populer yaitu SK-II.

Produk ini merupakan produk perawatan kulit yang sangat terkenal karena efektifitas yang dimilikinya dalam perawatan kulit.

Produk ini mengaku mampu membantu melawan penuaan dan memutihkan kulit dengan cara yang sehat.

Tentu saja hal ini tidak aneh. Mengapa?

Karena pitera yang merupakan bahan dasar pembuatan produk perawatan ini merupakan sebuah bahan yang sangat populer dalam melawan penuaan dan juga efek-efeknya termasuk kulit yang menjadi lebih gelap.

Pitera adalah salah satu hasil dari sebuah proses fermentasi pada nasi yang dilakukan dengan menggunakan ragi nasi.

Untuk mendapatkan manfaat dari pitera ini memang dahulu Cuma hanya bisa dilakukan dnegan mengguanakan produk perawatan SK-II yang sudah jelas harganya cukup mahal.

Tapi bagi anda yang ingin juga mendapatkan manfaat dari pitera ini anda bisa mengikuti lebih lanjut artikel ini karena kami akan membahas mengenai cara membuat toner pitera untuk diaplikasikan di kulit anda.

  • Asam kojik

Satu lagi bahan yang populer sebagai Cara memutihkan wajah secara alami yang saat ini banyak dipercaya adalah asam kojic atau kojic acid.

Asam ini adalah salah satu asam yang memiliki kemampuan untuk memutihkan.

Asam ini ditemukan oleh salah satu peneliti jepang pada tahun 1990an.

Hampir sama seperti pitera, asam kojic ini juga merupakan bahan yang ditemukan dari hasil pemprosesan fermentasi nasi.

Asam ini saa tini bisa banyak ditemukan di produk-produk kecantikan untuk memutihkan.

Selain memutihkan asam kojik ini juga merupakan sebuah produk yang dapat membantu untuk menghambat dan memerangi penuaan sama seperti kemampuan yang dimiliki oleh pitera.

Bahan yang memiliki kandungan pemutih yang kuat

Bahan-bahan diatas merupakan bahan-bahan yang popouler sebagai bahan untuk memutihkan kulit baik secara alami atau jika anda ingin menggunakan obat-obatan.

Ya, ketika anda ingin mencari produk dari pabrik untuk memutihkan kulit anda, maka wajib bagi anda untuk memilih produk yang memiliki kandungan dari salah satu bahan yang disebutkan diatas.

Tapi jika anda ingin menggunakan Cara memutihkan wajah secara alami maka anda bisa menggunakan bahan-bahan dibawah ini untuk mendapatkan komponen pemutih yang di sebutkan sebelumnya.

  • Buah-buahan asam

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, vitamin C adalah salah satu bahan pemutih yang cukup murah untuk dan bisa digunakan oleh siapa saja.

Selain ditemukan dalam produk perawatan kulit dari dokter dan dari perusahaan kecantikan anda juga bisa menemukannya dengan mudah di sekitar anda.

Hal ini disebabkan karena bahan untuk memutihkan ini bisa anda temukan dengan mudah di dalam buah-buahan yang terasa asam. Sepreti lemon, kulit jeruk dan masih banyak yang lainnya.

Bagi anda yang ingin mencari sumber dari vitamin C maka anda bisa menemukannya dengan mudah di sekitar anda.

  • Blueberry

Satu lagi bahan yang bisa digunakan untuk perawatan kecantikan kulit adalah blueberry.

Blueberry merupakan salah satu buah yang cukup populer dengan rasanya yang sangat nikmat.

Hal ini menyebabkannya banyak digunakan untuk perasa makanan dan juga minuman seperti youghurt.

Akan tetapi selain memiliki rasa yang nikmat, ternyata blueberry juga memiliki manfat lainnya.

Blue berry merupakan salah satu buah yang juga memiliki manfaat untuk memutihkan kulit. Mengapa?

Hal ini disebabkan karea blueberry merupakan buah yang memiliki kandungan arbutin di dalamnya.

Karena kandungannya ini anda yang ingin memanfaatkannya bisa menggunakannya untuk masker atau dengan mengkonsumsinya secara rutin.

Selain blueberry ada bahan lain juga yang bisa anda gunakan untuk masker karena kandungan arbutin di dalamnya, ia adalah kranberry, pohon pir dan juga tanaman bearberry.

  • Youghurt

Selain baik untuk pencernaan, ternyat youghurt juga merupakan bahan yang cocok digunakan sebagai Cara memutihkan wajah secara alami.

Bagi anda yang sudah banyak mencari mengenai bahan-bahan untuk memutihkan wajah maka anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan penggunaan youghurt sebagai salah satu produk perawatan kecantikan bukan?

Ya youghurt merupakan salah satu produk yang sangat populer dalam perawatan kecantikan di rumah atau yang sering disebut dengan DIY.

Youghurt merupakan bahan yang populer sebagai masker untuk membantu mengurangi bintik hitam di wajah atau untuk mengurangi efek terbakar matahari. Mengapa?

Hal ini disebabkan karena youghurt adalah salah satu bahan yang memiliki kandungan asam laktat yang tinggi.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Asam laktat merupakan bahan yang sangat cocok untuk memutihkan kulit karena efek pengelupasan sel kulit mati yang dimilikinya.

Selain memiliki manfaat untuk memutihkan, ternyata menggunakan masker dari bahan youghurt yang asli ini juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi jerawat dengan membantunya agar cepat sembuh dan juga untuk mengurangi kemungkinan kemunculannya.

Bagaimana cukup membantu bukan?

  • Buah jambu

Buah jamu adalah salah satu buah yang sangat nikmat ketika dijadikan sebagai minuman.

Akan tetapi ternyata tidak hanya memiliki kenikmatan sebagai sebuah makanan, ternyata buah jambu yaitu jambu batu juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan juga kesehatan.

Buah jambu adalah salah satu buah yang populer dengan kandungan vitamin C yang dimilikinya.

Hal ini menyebabkan buah ini sangat cocok sebagai bahan pemutih. Untuk kandungan vitamin C dalam buah jambu memang sudah banyak orang yang mengetahuinya.

Akan tetapi untuk kandungan lain dari buah jambu memang tidak banyak yang tahu.

Padahal selain vitamin C buah jambu juga memiliki kandungan yang lain yang akan membuat anda lebih mencintai buah jambu untuk dimanfaatkan dalam perawatan anda. Apa itu?

Kandungan tersebut adalah likopen.

Buah jambu adalah salah satu sumber likopen yang besar.

Likopen, seperti yang telah disebutkan sebelumnya merupakan salah satu substansi yang sangat baik untuk merawat kecantikan kulit. Likopen yang ada dalam buah jambu ini.

Manfaat pelawan radikal bebas yang dimilikinya menyebabkan buah jambu menjadi salah satu Cara memutihkan wajah secara alami yang sangat kuat.

Untuk memanfaatkan kandungan likopen yang ada di dalam buah jambu ini maka anda bisa melakukannya dengan membuat buah jambu ini sebagai minuman.

Sangat mudah bukan?

  • Tomat

Selain buah jambu satu lagi buah yang memiliki manfaat besar untuk kecantikan, buah ini adalah buah tomat.

Tomat merupakan buah yang juga memiliki kandungan yang kaya seperti kandungan buah jambu.

Hal ini disebabkan karena buah tomat juga memiliki kandungan vitamin C dan juga likopen seperti buah jambu.

Tidak tanggung-tanggung, kedua kadungan ini cukup besar dan dapat memberikan efek yang kuat untuk kecantikan.

Jika anda ingin mendapatkan manfaatnya, and abisa menggunakan buah tomat untuk dikonsumsi dan juga untuk digunakan sebagai masker.

Bagi anda yang ingin menggunakan buah tomat sebagai masker anda bisa memotong buah tomat tersebut lalu mengaplikasikannya di wajah.

Anda juga bisa menghaluskan terlebih dahulu tomat yang anda miliki lalu mengaplikasikannya ke kulit anda.

  • Daging-dagingan

Selain dari buah dan juga dari sayuran, anda juga bisa mendapatkan manfaat kecantikan dari bhaan yang lain seperti bahan daging-dagingan. Mengapa?

Hal ini disebabkan karena bahan ini memiliki kadungan glutamin yang cukup tinggi.

Selain dari daging, anda juga bisa mendapatkan manfaat dari glutamin di bahan-bahan lain seperti daging unggas, seafood, organ dalam atau jeroan, susu telur dan juga produk yang terbuat darinya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, susu merupakan salah satu bahan yang memiliki kandungan glutamin.

Hal ini pastinya tidak mengagetkan bagi anda bukan?

Ya karena jika anda mencari tutorial Cara memutihkan wajah secara alami salah satunya pasti menyarankan anda untuk menggunakan susu sebagai masker wajah anda.

Bagi anda yang ingin mencobanya, pastikan susu yang anda gunakan untuk masker bukan susu yang berasa dan bebas gula.

Susu yang digunakan sebaiknya adalah susu murni yang bisa anda beli dipeternakan atau susu merk Bearbrand yang memang cukup populer dengan kemurniannya.

Membuat pitera untuk perawatan murah

Seperti yang telah dijanjikan sebelumnya, kini kita sampai pada bab yang akan menunjukkan anda step-step untuk membuat sendiri pitera di rumah anda.

Resep pitera ini sudah banyak dicoba dan mendapatkan respon yang positif bagi penggunaannya. Hasil yang didapatkan oleh pengguna pitera ini cukup mirip dengan hasil yang didapatkan ketika anda menggunakan produk perawatan SK-II. Bagaimana?

Anda sudah siap untuk mencobanya?

Jika anda siap untuk mencobanya berikut adalah bahan-bahan yang anda perlu siapkan untuk pembutn pitera.

  • Nasi matang 2 sendok makan
  • Ragi roti 1 sendok the
  • Air hangat secukupnya

Ya, sebelumnya telah disebutkan mengenai apa itu pitera bukan?

Pitera adalah salah satu hasil dari proses fermentasi dari nasi yang dilakukan dengan menggunakan ragi.

Ragi yang digunakan haruslah ragi roti dan bukan ragi nasi karena efek yang dihasilkannya akan menunjukkan perbedaan.

Perlu anda ingat, nasi yang digunakan adalah nasi yang sudah matang dan baru saja dimasak, bukan nasi kemarin.

Mengapa?

Hal ini disebabkan karena akan ada perbedaan hasil dari bau yang ditunjukkan oleh kedua nasi.

Jika anda menggunakan nasi kemarin untuk membuat pitera ini maka anda akan mendapatkan bau yang lebih kecut dari proses fermentasi.

Satu lagi catatan untuk anda. Ketika anda mempersiapkan air, air yang anda gunakan tidak boleh terlalu panas.

Jika anda menggunakan nasi yang panas maka anda akan sulit mendapatkan fermentasi karena ragi ikut matang dan proses fermentasi tidak akan bisa didapatkan.

Seain bahan-bahan diatas, ada alat yang perlu anda siapkan untuk mendapatkan Cara memutihkan wajah secara alami dengan menggunakan pitera ini.

Apa saja alat yang diperlukan untuk membuat pitera ini?

  • Gelas atau tabung kaca yang tertutup sempurna untuk proeses fermentasi
  • Gelas kaca untuk penampungan air
  • Kertas saring
  • Plastik
  • Karet

Banyak yang menanyakan mengenai gelas yang dipakai.

Ya, jenis gelas yang dipakai untuk membuat pitera ini haruslah gelas dari kaca. Mengapa?

Hal ini disebabkan karena bahan kaca adalah bahan yang memiliki kekuatan ikatan antar molekul yang kuat sehingga meski di digunakan untuk menampung sesuatu yang panas molekul di dalamnya tidak akan bercampur dengan bahan yang ditampungnya.

Berbeda dengan plastik.

Ketika terkena panas, plastik dapat melepaskan molekul dan bahan yang digunakan dalam proses pembuatannya sehingga dapat menjadi salah satu hal yang berbahaya jika tercampur dengan toner pitera yang akan anda buat.

Oleh karena itu pastikan anda tidak menggunakan gelas plastik baik untuk penampungan proses fermentasi maupun untuk menampung air hangat yang digunakan.

Setelah anda mempersiapkan semua bahan dan juga alatnya, kita akan langung menuju ke proses pembuatannya.

Proses pembuatan dari toner pitera ini cukup mudah untuk dilakukan. Bagaimana caranya?

Mari simak ulasan berikut ini.

  • Step 1

Pada step pertama anda akan memasukkan nasi yang baru matang ke dalam gelas atau tabung yang berisi air yang hangat yang sudah disediakan

  • Step 2

Campurkan air dan nasi lalu masukkan ragi roti dan aduk hingga rata

  • Step 3

Step 3 adalah step menunggu. Setelah anda mencampurkan ragi, roti dan nasi secara merata maka tutup wadah anda dengan menggunakan pastik dan juga karet secara rapat.

Pastikan tidak akan ada udara yang masuk kedalam botol atau gelas kaca agar fermentasi dapat dilakukan dengan sempurna.

Biarkan adonan pitera anda tersbut diam selama 3 jam.

Setelah 3 jam dibiarkan campuan toner pitera anda aka menunjukkan perubahan. Perubahan tersbut adalah munculnya gelembung di permukaan dari air.

  • Step 4

Setelah muncul gelembung, buka plastik dan saring toner anda dengan menggunakan kertas penyaringan.

Kertas penyaring yang digunakan mirip dengan kertas yang digunakan untuk menyaring kopi dalam pembutan kopi secara manual.

Jika di rumah anda tidak memiliki kertas saring, anda juga bisa menggunakan kain yang bersih.

Tapi perlu anda ingat, kertas akan menyaring lebih baik dibandingkan dengan kain, oleh karena itu jika anda menyaringnya dengan kain, anda akan membutuhkan wadah baru.

Wadah baru digunakan ketika hasil saringan sudah didiamkan dan mengendap.

Jika ada endapan di botol atau wadah penyimpanan anda maka anda bisa langsung memindahkannya ke wadah gelas kaca steril yang lainnya.

Setelah dipindahkan simpan di kulkas agar toner anda tersebut dapat tahan lebih lama.

Seperti yang telah disebtukan sebelumnya, wadah kaca yang anda miliki sudah harus di sterilkan sebelumnya.

Hal ini penting untuk menjaga toner anda dari gangguan bakteri sehingga dapat lebih aman untuk digunakan.

Satu catatan lagi untuk masalah penyimpanan.

Bahan yang bisa digunakan sebagai Cara memutihkan wajah secara alami ini harus disimpan di dalam suhu yang rendah. Mengapa?

Karena jika anda menyimpannya di suhu ruangan maka proses fermentasi akan terus berjalan dan akhirnya akan menyebabkan bakteri dan jamur hidup berkembang di toner anda.

Lalu bagaimana cara pengaplikasian toner tersebut?

Toner pitera ini bisa anda gunakan pada mala hari sebagai toner untuk tidur.

Jika anda menggunakannya sebagai toner untuk dibawa tidur maka anda akan mendapati kulit anda lebih derah dan bening pada pagi harinya.

Selain untuk toner sebelum tidur anda juga bisa menggunakannya untuk pagi hari sebelum menggunakan makeup anda.

Cara pengaplikasannya?

Ya seperti toner pada umumnya, anda hanya perlu mengambil toner dengan menggunakan kapas lalu menempel-nempelkannya pada kulit anda hindari gerakan menggeser atau memutar karena dapat menyebabkan efek yang berbeda.

Efek memutihkan yang bisa anda dapatkan dengan penggunaan toner pitera ini bisa anda dapatkan secara singkat.

Hanya dengan 2 hari pemakaian anda bisa mendapatkan kulit yang cantik dan segar setiap harinya.

Selain membantu untuk memutihkan kulit anda yang terbakar matahari dan juga efek genetik, penggunaan toner pitera dalam jangka waktu lama juga dapat membantu anda untuk mendapatkan kulit yang lebih cantik sehat dan awet muda.

Bahkan jika anda memiliki masalah dengan spot hitam diwajah anda juga bisa dapat menghilangkan flek hitam karen penuaan dan karena sengatan matahari dengan penggunaan secara rutin dalam waktu yang cukup lama.

Dengan menggunakan pitera ini anda bisa mendapatkna kulit yang sehat dan cerah seperti menggunakan produk perawatan yang mahal sekelas SK-II dengan harga yang sangat murah.

Satu catatan untuk anda.

Bagi anda yang ingin menggunakan perawatan ini, anda harus tahu bahwa bau yang akan dihasilkan cukup menyengat dibandingkan dengan produk pitera dari SK-II oleh karena itu anda harus bersiap diri.

Memilih cara perawatan pemutihan wajah yang tepat

Kulit yang putih memang merupakan idaman semua wanita karena di masyarakat Indonesia masih mengenal teori putih sama dengan cantik.

Akan tetapi sesungguhnya kulit yang gelap juga dapat terliht menawan apalagi jika dirawat dengan baik.

Yang penting sehat dan dapat menjalankan fungsi utamanya sebagai pelindung tubuh.

Tapi jika anda ingin memiliki kulit yang lebih putih sebaiknya cari Cara memutihkan wajah secara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang aman seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Hindari penggunaan bahan yang berbahaya seperti hidroqunon dan juga merkuri. Menapa?

Karena meskipun dapat membantu memutihkan kulit secara cepat efek yang dihasilkan oleh kedua bahan ini cukup berbahaya untuk kesehatan.

Tubuh anda bisa rusak dan kulit anda bisa saja mengalami efek rebound yang lebih parah dari sebelum anda menggunakan produk tersebut.

Bukan hanya perlu berhati-hati dengan produk yang memiliki kandungan hydroquinon.

Selain menghindari produk dengan bahan tersebut sebaikna anda juga menghindari produk-produk yang tidak mencantumkan komposisi bahan didalamnya. Mengapa?

Hal ini disebabkan karena produk yang tidak mencantumkan bahan yang ada dalam krim pemutih yang anda gunakan bisa saja memasukkan bahan-bahan yang tidak anda kehendaki di dalam produk perawatan anda.

Jika produk yang akan anda beli memiliki komposisi, maka lihat komposisinya.

Lakukan penelitian terhadap efek positif dan negatif dari komposisi tersebut dan sesuaikan dengan kulit yang anda miliki.

Jika memang cocok maka lakukan langkah akhir untuk menentukan produk yang anda beli tersebut aman atau tidak. Penelitian akhir ini dilakukan dengan membuka halaman dari badan POM.

Cari nomor pom yang dimiliki oleh produk yang anda miliki lalu cek di website yang dimiliki oleh badan POM.

Jika nomor POM yang dimiliki oleh produk anda tercantum dengan nama dan brand yang sama maka produk perawatan pemutih yang anda beli tersebut sudah aman dan cocok untuk anda gunakan.

Tapi jika anda tidak menemukannya maka segera buang produk yang anda beli tersebut karena produk tersebut bisa jadi merupakan produk yang berbahaya.

Jika anda merasa kesulitan untuk menemukan produk mana yang aman dan cocok, maka langkah paling mudah yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan Cara memutihkan wajah secara alami di atas yang sudah pasti aman tanpa efek samping.

Tinggalkan komentar